<body bgcolor="#F3F4F7" leftmargin="0" topmargin="0" rightmargin="0" bottommargin="0" onLoad="MM_preloadImages ('http://i1110.photobucket.com/albums/h441/sajakmasisir/jpg/banner_4ganti.gif')"><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d5374933\x26blogName\x3dSajak+Masisir+(Blog+Kabar)\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dLIGHT\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://blogkabar.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://blogkabar.blogspot.com/\x26vt\x3d-2547521003334257347', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 
 






 
Salam, Selamat datang di Komunitas Sajak Masisir  

Dikirim 7.6.07    
Pekan Presiden Penyair 2007 : SBY Baca Puisi? 

Teks oleh Frino Bariarcianur

Presiden Penyair Seumur Hidup, Sutardji Calzoum Bachri, sebentar lagi berulang tahun. Hari bahagia itu jatuh pada tanggal 24 Juni 2007. Untuk memperingati hari lahir Sang Presiden, Yayasan Panggung Melayu [YPM] telah mempersiapkan berbagai acara. Acara ini juga rencananya akan dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Apakah yang terjadi bila dua orang Presiden bertemu dalam panggung kebudayaan?

Sutardji Calzoum Bachri, yang lahir 66 tahun lalu tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu penyair terbesar yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Puisi-puisinya menggambarkan situasi sosial dalam bahasa puitik yang gelap. Menyebut nama Sutardji adalah menyebut ekspresi puisi Indonesia. Tentu kita masih ingat dalam foto-foto kenangan masa muda Sutardji ketika membaca puisi sambil minum bir. Gayanya yang nyentrik itu sampai saat ini masih membekas.

Yayasan Panggung Melayu (YPM) sebagai panitia penyelenggara akan menggelar Pekan Presiden Penyair, pada tanggal 14-19 Juli 2007. Perhelatan bakal dipusatkan di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Adapun salah satu agenda yang telah direncanakan adalah Lomba Baca Puisi Internasional dengan memperebutkan Piala Sutardji Calzoum Bachri. Menurut Asrizal Nur, Ketua Yayasan Panggung Melayu, lomba ini bersifat internasional, terbuka bagi bagi peserta berkewarganegaraan mana pun, dan bersifat lintas kategori.

“Satu-satunya kriteria dalam lomba ini hanyalah batasan usia minimal peserta 15 tahun,” ujar Asrizal.

Lebih lanjut Eri Anugerah, koordinator pers, menerangkan, bahwa Lomba di babak penyisihan akan dinilai oleh tiga orang juri, yakni Yose Rizal Manua, Ahmadun Y Herfanda, dan Sunu Wasono. Pada babak akhir juga akan dinilai oleh tiga orang juri yakni Leon Agusta, Slamet Sukirnanto, dan Tomy F Awuy.

“Panitia telah mempersiapkan uang tunai total 15 juta rupiah dan Piala Sutardji Calzoum Bachri. Acara ini juga akan dilengkapi dengan ziarah budaya ke Makam Raja Ali Haji di Pulau Penyengat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau,” ujar Eri.

Selain Lomba Baca Puisi, Pekan Presiden Penyair juga akan diisi dengan berbagai acara menarik lain, di antaranya adalah Seminar Internasional yang diselenggarakan pada tanggal 19 Juli 2007. Seminar ini nantinya menghadirkan 13 pembicara pakar sastra dari berbagai negara, seperti V. Braginsky [Rusia], Dato Kemala [Malaysia], Prof. Dr. Koh Young-Hun [Korea], Suratman Markasan [Singapura], dan masih banyak lagi.

“Kita akan berupaya membahas karya-karya Tardji dari beragam sudat pandang sastra,” ungkap Maman S Mahayana, penanggung jawab seminar. Panitia juga telah menyusun program Talkshow Sutardji bersama Guru dan Siswa. Dan publik dapat pula menikmati sejarah perjalanan Sutardji dalam pameran foto Sutardji. Untuk semakin memeriahkan Pekan Presiden Penyair panitia penyelenggara juga mengundang para seniman terpilih se-Indonesia untuk terlibat dalam acara ini. Seniman-seniman Indonesia itu nantinya tampil pada acara Panggung Apresiasi Karya Sutardji. Selain seniman para pejabat pun akan tampil seperti para Menteri diantaranya Meutia Hatta, Adyaksa Dault, MS Ka’ban, Lukman Edi, serta tak ketinggalan Walikota Tanjungpinang, Bupati Bengkalis, Bupati Kota Baru, Wakil Bupati Bintan, Bupati Pelalawan, dan Bupati Indragiri Hulu.

Keseluruhan perhelatan akan diakhiri dengan Malam Puncak Pergelaran Seni dan Pidato Kebudayaan yang akan menampilkan Ignas Kleden, Sutardji Calzoum Bachri sendiri, serta direncanakan akan dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono. Nah, apakah Presiden SBY akan duet membaca puisi dengan Presiden Penyair Sutardji? Kita tunggu saja nanti.[]

Kontak Pantia : Asrizal Nur (Ketua Panitia Acara) 08176378914, Eri Anugerah (Kordinator Pers) 08159930605 atau lewat email : presiden_penyair@yahoo.com

Sumber: http://beritaseni.wordpress.com



Dicatat oleh Sajak Masisir, Jam 10:12 AM |    




Hadir dari sajak-sajak tercecer, kemudian kami kemas sebagai catatan-catatan duplikat hati yang acap kali meraung menyuarakan irama-irama kebebasan, kesefahaman, penolakan, penyesalan, kritik, keindahan dan romantisme. mungkin hanya rangkaian huruf-huruf setengah jadi, namun izinkanlah ianya dinamai sebagai sajak. Hanya untuk menjembatani inspirasi-inpirasi terpasung, sangat sayang jika sekedar tertoreh di atas lembaran kertas-kertas usang.



Jumlah Pengunjung
Sejak April 2007

Best View : IE, 1024x768 px


Powered by Yahoo Groups
© 2007 TintaKita Corporation
Design : abditea. All Rights Reserved
Powered By : blogger.com & aoshartos.com